Rabu, 17 Juli 2013

Anhy Rhezzeck: CONTOH SATLAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Anhy Rhezzeck: CONTOH SATLAN BIMBINGAN DAN KONSELING: S ATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING A.       Topik Bahasan                        :     Kemampuan berkomunikasi serta mener...

CONTOH SATLAN BIMBINGAN DAN KONSELING




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.      Topik Bahasan                        :    Kemampuan berkomunikasi serta menerima dan menyampaikan pendapat dengan logis, efektif, dan produktif
B.       Bidang Bimbingan                 :    Sosial
C.       Jenis Layanan                         :    Pembelajaran
D.      Fungsi Layanan                      :    Pemahaman dan pengembangan
E.       Tujuan Layanan                      :    Siswa diharapkan dapat memahami dana berkomunikasi dalam menyampaikan dan menerima pendapat secara logis, efektif dan produktif
F.        Sasaran layanan                      :    kelas III Til 2
G.      Materi/Kegiatan layanan        :    -    Guru pembimbing menjelaskan cara berkomunikasi yang baik dan menyampaikan pendapat secara logis, efektif dan efisien.
-     Guru pembimbing melakukan tanya jawab dengan siswa 
H.      Metode                                   :    Ceramah, dan tanya jawab
I.       Rencana kegiatan :
1.      Waktu : 1 x 45 menit
2.      Tempat : ruang kelas
3.      Pihak-pihak yang disertakan dalam kegiatan ini :wali kelas,dan mahasiswa selaku guru pembimbing
4.      Alat dan perlengkapan yang diperlukan : pulpen,spidol,dan buku
J.       Rencana penilaian : partisipasi siswa dalam mengikuti layanan
K.    Keterkaitan dengan layanan BK (pendukung BK lainnya : Himpunan data
L.     Penyelenggara Layanan : Mahasiswa


Mengetahui                                                                                       Minasatene,17 Juli 2013           
Dosen Pembimbing                                                                            Mahasiswa


Salmiati, S.Pd                                                                                   Suriani 
Nip:                                                                                                   Npm:





MATERI

Kemampuan berkomunikasi dengan baik serta menerima dan menyampaikan pendapat secara logis, efektif dan produktif

Komunikasi adalah proses sosial yang berlangsung atau dilakukan oleh setiap individu, sebagai proses sosial, baik itu menyampaikan ide, pendapat dan gagasan secara lisan maupun tertulis. Oleh karena itu sebagai proses sosial maka dalam berkomunikasi selain terjadi hubungan antar manusia  juga terjadi interaksinya.
Agar dapat dipahami oleh orang lain bagaimana agar cara berbahasa dengan baik dan berkomunikasi serta mampu menerima serta menyampaikan pendapat kepada orang lain. Sebagaimana menyampaikan dengan secara efektif yaitu bagaimana kehematan menggunakan kalimat dalam berkomunikasi, berkomunikasi yang produktif yaitu hasil dari komunikasi.
Cara berkomunikasi yang logis, efektif dan produktif yaitu :
-          Agar komunikasi dapat diterima oleh seseorang, yaitu dapat menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar.
-          Mampu menggunakan teknik-teknik berkomunikasi
-          Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
-          Didalam berbicara jadilah pendengar yang baik
-          Melihat situasi dalam berbicara
-          Memberi kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan pendapatnya
-          Tidak memotong pembicaraan orang lain
-          Menghargai pendapat orang lain







SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A. Topik Permasalahan                        : Pembentukan kelompok belajar
B.  Bidang Bimbingan                         : Bimbingan Belajar
C.  Fungsi Layanan                              : Pemeliharaan dan pengembangan
D.  Jenis Layanan                                : Penempatan dan Penyaluran
E.Tujuan Layanan                               :Membantu siswa  dalam membentuk kelompok belajar secara
                                                              Objektif dam fungsional
F.  Sasaran Layanan                             : Siswa kelas III Til 2
       G.   Uraian kegiatan dan materi layanan: 1.Guru pembimbing  membuat angket                                       sosiomerti                         
                                                           2.membuat sosiogram dan analisa data sosigram
                                                           3.membuat kelompok belajar sesuai dengan data
                                                             sosiometri,dan datayang relevan,seperti NEM,alamat
                                                             tempat tinggal dan jenis Kelamin,dll

H. Metode                                           : Ceramah berfariasi  dan pemberian tugas
I. Tempat penyelenggaraan                   : Ruang kelas
J. Waktu/Tanggal/Semester                   : 1 x 45 menit, 17 Juli 2013/ Ganjil.
K. Penyelenggara Layanan                   : Mahasiswa selaku Guru Pembimbing
L. Pihak yang diikut sertakan             :1.wali kelas sebagai pengamat dan
                                                                2.Guru Pembimbing untuk mendata  dan  pengorganisasian kegiatan
M. Alat perlengkapan yang digunakan: Buku dan data  siswa,sosiologi dan buku bimbingan kelompok Dan data prestasi siswa                               
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut:Penilaian program yaitu pemantauan kelompok belajar secara terusmenerus dan berkesinambungan
O. Keterkaitan layanan ini dengan/       : kunjungan rumah
 Layanan Kegiatan pendukung                                  
P. Catatan khusus                                  :diskusi tentang kesulitan belajar di lakukan dalam belajar

 
 
        Mengetahui                                                                                           Minasatene,17 Juli 2013        
        Dosen Pembimbing                                                                                 Mahasiswa


       Salmiati, S.Pd                                                                                       Suriani 
       Nip:                                                                                                       Npm:

 










MATERI
Pengertian

 Kelompok  belajar  adalah  suatu kegiatan belajar yang di lakukan bersama-sama guna penyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan belajar

Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam kegiatan kelompok belajar adalah:

kelompok di bentuk atas bimbingan guru kelas atau guru pembimbing,besarnya anggota KKB 5-8 orang,apa bila KKB terlalu banyak maka akan kemungkinan berubah fungsinya arena gossip.dalam KKB perlu di perhatikan:
a.                   Jarak antara rumah dan tempat belajar
b.                  Kemampuan anggota
c.                   Kualiatas anggota
d.                  Jenis kelamin,usahakan ada putra dan putri
e.                   Musyawarah nama kelompok yang bagus dan menarik
f.                   Rumuskan tatib dalam kelompok
   Tempat penyelenggara di antaranya:
a.                   Di rumah anggota di atur bergiliran
b.                  Di ruang kelas di sore hari
c.                   Di tempat lain yang merasa nyaman di tempati
               Persiapan Belajar
Agar KKB benar-benar bermanfaat,setiap anggota menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat belajar.bahan dapat berupa soal-soal yang akan di selesaikan PR,tugas-tugas yang akan di laporkan hasilnya.alat-alat dan referensi harus di siapkan
Waktu Belajar
Waktu pelaksanaan KKB harus di jadwalkan hari dan waktunya,setiap anggota mentaati jadwal yang telah di sepakati